Lakukan dengan Benar! Ini Dia Cara Mengambil Uang di ATM Mandiri

 

Transaksi perbankan yang paling sering dilakukan oleh nasabah adalah mengambil uang. Dengan nominal yang tidak terlalu besar, Anda bisa melakukan penarikan di ATM. Misalnya saja Anda adalah nasabah Bank Mandiri, cara mengambil uang di ATM Mandiri tentunya bukan hal yang sulit. Walaupun Anda akan berhadapan dengan mesin, dan bukan agen CS bank tersebut, bukan berarti tidak ada informasi dan instruksi yang tersedia mengenai tata cara pengambilannya sebab semuanya sudah tertera di layar. Sama halnya dengan cara mengambil uang di ATM Mandiri Syariah. Untuk memberikan gambaran yang lebih jelas mengenai transaksi ini, simak langkah-langkah yang harus dilakukan:

Cara mengambil uang di ATM Mandiri

Pengambilan uang di ATM Mandiri sejatinya bisa dilakukan dengan dua cara. Pertama, Anda memilih untuk mengambil uang di ATM Mandiri sendiri. Kedua, Anda memilih mengambil uang di ATM Mandiri dalam jaringan ATM Link. Untuk cara mengambil uang dari ATM Mandiri sendiri, caranya sangatlah mudah. Langkah pertama adalah masukkan kartu debit Mandiri dengan posisi yang benar ke dalam slot kartu, tunggu hingga kartu masuk dan layar mesin memberikan instruksi. Masukkan nomor PIN rahasia. Jika PIN benar, akan muncul nominal penarikan tunai pada layar yang bisa dipilih. Untuk ATM dengan pecahan 50 ribu, jumlah maksimal yang bisa diambil dalam sekali penarikan adalah Rp1.250.000. Sedangkan dengan uang pecahan 100 ribu Anda bisa mengambil maksimal Rp2.500.000. 

Apabila jumlah yang diinginkan tidak ada dalam opsi, Anda bisa memilih menu “Penarikan Jumlah Lain” lalu memasukkan angka yang dimaui. Setelah selesai, tunggu mesin ATM memroses perintah Anda, ambil kartu debit, dan tunggu hingga uang keluar. Jangan lupa untuk mengambil struk jika tersedia. 

Cara mengambil uang di ATM Mandiri dalam jaringan Link

Terkadang sulit menemukan ATM Mandiri di sekitar Anda. Jika hal ini terjadi, Anda punya opsi lain yaitu menggunakan ATM jaringan Link. Mengambil uang di ATM Mandiri dalam jaringan Link sama mudahnya dengan dari ATM Mandiri sendiri. Cara ambil uang dari ATM Mandiri dimulai dengan memasukkan kartu debit Mandiri dengan posisi yang benar ke dalam slot kartu, tunggu hingga kartu masuk dan layar mesin memberikan instruksi. Masukkan nomor PIN rahasia. Jika PIN benar, akan muncul nominal penarikan tunai pada layar yang bisa dipilih. 

Sama seperti sebelumnya, Anda bisa memilih jumlah lain yang tidak tertera di layar dengan memilih menu “Penarikan Jumlah Lain” dengan memertimbangkan besaran uang pecahan yang digunakan di ATM tersebut. Perbedaan yang mencolok dari cara mengambil uang di ATM Mandiri melalui ATM Link ini adalah biaya administrasi yang dibebankan per pengambilan, yaitu Rp4.500.

Yang perlu diperhatikan dalam cara mengambil uang di ATM Mandiri

Saat ini cara mengambil uang di ATM Mandiri tanpa kartu dimungkinkan dengan fasilitas khusus yang disediakan Bank Mandiri. Namun begitu, jika ingin melakukan pengambilan tunai dengan cara ini pastikan mesin ATM yang digunakan sudah support dengan teknologi tersebut. Selain itu, hal menarik selanjutnya adalah Anda bisa melakukan cara cek saldo dan mengambil uang di ATM Mandiri dengan satu kali input PIN sehingga lebih praktis tanpa mengurangi keamanannya. Ketiga, jika pernah menggunakan ATM lainnya, pasti Anda menyadari bahwa kebanyakan ATM Mandiri menggunakan layar sentuh dengan letak menu yang berbeda dengan ATM bank lainnya. Artinya, Anda diharapkan untuk membaca setiap instruksi dan pilihan pada layar dengan cermat supaya tidak salah melakukan kegiatan perbankan. 

Cara mengambil uang di ATM Mandiri untuk melakukan tarik tunai sangat nyaman dan juga mudah. Didukung dengan teknologi layar sentuh yang modern dan canggih, Anda akan menjadi masyarakat yang lebih maju di tahun 2021 ini. Demi alasan keamanan, pastikan untuk menutup bagian keyboard angka ketika Anda memasukkan PIN maupun nominal penarikan supaya informasi tetap terjaga. Dan jangan lupa untuk menunggu kartu, uang serta struk keluar dari mesin semuanya dan segera mengambilnya. Kelalaian dalam mengambil kartu debit dan bahkan uang yang ditarik seringkali menjadi penyebab tindak kriminal yang sebenarnya bisa dihindari.