Aman dan Mudah, Ini Cara Mengambil Uang di ATM

 

Memasukkan uang ke dalam rekening tabungan adalah opsi yang banyak dipilih dengan berbagai alasan, termasuk masalah keamanan dan juga profit yang mungkin didapatkan. Namun, karena disimpan di bank Anda tidak bisa sewaktu-waktu menggunakannya dan harus pergi ke ATM terlebih dahulu untuk melakukan penarikan. Kabar baiknya, cara mengambil uang di ATM sangat gampang. Walaupun Anda akan berhadapan dengan mesin bukan berarti tidak ada informasi yang tersedia mengenai tata cara pengambilannya sebab semuanya sudah tertera di layar. Untuk memberikan gambaran yang lebih jelas mengenai transaksi ini, simak langkah-langkah yang harus dilakukan:

Cara mengambil uang di ATM BRI

Jika Anda merupakan nasabah BRI, cara mengambil uang di ATM BRI dimulai dengan menemukan ATM BRI itu sendiri. Pasalnya, akan lebih nyaman jika Anda melakukan penarikan uang di ATM khusus BRI karena bebas biaya transaksi. Atau jika tidak memungkinkan, Anda dapat menggunakan ATM dalam jaringan PRIMA atau Link yang membebankan antara Rp4.500 hingga Rp6.500 untuk biaya penarikan tunai. 

Cara mengambil uang di ATM yang pertama, masukkan kartu debit BRI dengan posisi yang benar ke dalam slot kartu, tunggu hingga kartu masuk dan layar mesin memberikan instruksi. Masukkan nomor PIN rahasia. Jika PIN benar akan muncul nominal penarikan tunai pada layar yang bisa dipilih. Untuk ATM dengan pecahan 50 ribu, jumlah maksimal yang bisa diambil dalam sekali penarikan adalah Rp1.250.000. Sedangkan dengan uang pecahan 100 ribu Anda bisa mengambil maksimal Rp2.500.000. 

Apabila jumlah yang diinginkan tidak ada dalam opsi, Anda bisa memilih menu “Penarikan Jumlah Lain” lalu memasukkan angka yang dimaui. Setelah selesai, tunggu mesin ATM memproses perintah Anda, ambil kartu debit, dan tunggu hingga uang keluar. Jangan lupa untuk mengambil struk jika tersedia. 

Cara mengambil uang di ATM BNI

Secara umum, cara mengambil uang di ATM BNI sama dengan Bank BRI dimana Anda sebaiknya menggunakan ATM BNI sendiri untuk menghindari biaya transaksi. Setelah memasukkan kartu, Anda akan diminta memasukkan PIN rahasia dengan benar yang dilanjutkan dengan pemilihan nominal penarikan. Jumlah penarikan maksimalnya pun sama, yaitu Rp1.250.000 untuk pecahan 50 ribu dan Rp2.500.000 untuk pecahan 100 ribu. Sebelum meninggalkan ATM, selalu periksa kembali apakah kartu dan uang sudah aman di dalam saku atau tas. 

Cara mengambil uang di ATM BCA

Sama dengan dua ATM sebelumnya, cara mengambil uang di ATM BCA terbilang mudah. Apalagi ATM BCA termasuk yang paling banyak tersebar di tempat umum, termasuk pusat perbelanjaan. Yang membedakan adalah BCA tidak termasuk dalam jaringan ATM Link sehingga jika kebetulan tidak bisa menemukan ATM BCA sendiri, Anda hanya bisa melakukan penarikan di jaringan ATM PRIMA. Setelah memasukkan kartu ke dalam mesin, Anda akan diminta memasukkan PIN dengan benar yang dilanjutkan dengan pemilihan nominal penarikan. Jumlah penarikan maksimalnya pun sama, yaitu Rp1.250.000 untuk pecahan 50 ribu dan Rp2.500.000 untuk pecahan 100 ribu.

Cara mengambil uang di ATM Mandiri

ATM Mandiri juga memiliki sebaran yang luas sehingga mudah ditemukan. Namun Anda juga bisa melakukan penarikan di jaringan ATM Link dan juga PRIMA. Secara umum, tata cara pengambilan uang di ATM Mandiri sama persis dengan Bank lainnya, yang dimulai dengan memasukkan kartu dan PIN. Hanya saja letak dan urutan menu transaksi pada layar sedikit berbeda sehingga Anda harus membacanya dengan cermat dan teliti supaya tidak salah dalam bertransaksi. Kebanyakan ATM Mandiri juga menggunakan layar sentuh yang berbeda dengan ATM lain. 

Hal yang menarik adalah beberapa bank memberikan kemudahan yang canggih untuk nasabahnya sehingga ada juga perlu tahu mengenai cara mengambil uang di atm BCA tanpa kartu. Cara mengambil uang di ATM tanpa kartu mempunyai instruksi yang bisa jadi berbeda dengan jenis ATM pada umumnya sehingga Anda perlu lebih teliti dan cermat. Ketahui pula cara mengambil uang di ATM Bersama jika suatu saat ATM yang dimaksud sulit ditemukan. Tahun 2021 adalah tahun dengan berbagai kemudahan di mana cara mengambil uang di ATM bisa dilakukan dengan mudah.