Mudah dan Cepat, Simak Cara Transfer Uang Lewat ATM Berikut

 

Salah satu kegiatan finansial perbankan yang sering dilakukan oleh nasabah adalah transfer uang. Baik dengan tujuan bank yang sama atau lintas bank, kegiatan ini sangat mudah dilakukan menggunakan ATM. Namun demikian, cara transfer uang lewat ATM yang benar sebaiknya dilakukan supaya proses transaksi berjalan lancar atau bahkan salah alamat. Pada dasarnya, cara transfer uang lewat ATM BRI akan sama saja dengan cara transfer uang lewat ATM BNI mengingat kedua bank ini tergabung dalam jaringan ATM Link dan juga ATM Bersama yang memungkinkan Anda melakukan transfer dana meskipun tidak memegang kartu ATM BRI atau BNI. 

Namun tentu saja, transaksi finansial yang dilakukan di ATM bank berbeda akan membuat Anda terkena charge alias biaya tambahan sebesar Rp4.500 hingga Rp6.500. Nominal ini tentunya tidak memberatkan jika dibandingkan dengan kemudahan dan kepraktisan yang Anda rasakan.

Cara transfer uang lewat ATM ke sesama bank

Cara melakukan transfer uang di ATM dimulai dengan memasukkan kartu ATM yang dimiliki dan juga menginput nomor PIN yang bersifat rahasia. Kemudian, Anda bisa memilih menu TRANSFER dimana selanjutnya Anda akan diberikan dua opsi yakni SESAMA BANK atau ANTAR BANK/ BANK LAIN. Jika Anda melakukan transfer ke nomor rekening dalam bank yang sama, contohnya antar rekening BRI, maka Anda hanya perlu memasukkan nomor rekening yang dituju yang diikuti dengan nominal transfer yang diinginkan. Anda bisa mengosongkan bagian nomor referensi. Kemudian, informasi transfer akan muncul di layar yang meliputi nama penerima dana dan juga nominalnya. Jika sudah benar, Anda hanya perlu memilih opsi YA/ BENAR. Transaksi sukses, dan struk akan segera tercetak.

Cara transfer uang lewat ATM antar bank

Cara transfer uang lewat ATM Mandiri untuk transaksi antar bank yang berbeda akan sedikit lebih panjang. Pasalnya, setelah memilih menu ANTAR BANK/ BANK LAIN Anda akan diminta memasukkan kode bank terlebih dahulu yang diikuti dengan nomor rekening. Misalnya saja Anda ingin mentransfer dari rekening Mandiri ke BCA, maka sebelum nomor rekening Anda perlu menambahkan kode 014. Bank lainnya akan memiliki kode yang berbeda yang bisa dicek di bagian KODE BANK pada layar mesin ATM. Setelah memasukkan kode bank dan nomor rekening yang dituju, masukkan nominal transfer dan kosongkan nomor referensi. Informasi transfer akan muncul pada layar, lakukan pengecekan sebelum memencet tombol YA/ BENAR. Transaksi sukses, dan struk akan segera tercetak.

Tips cara transfer uang lewat ATM

Cara transfer uang lewat ATM BCA sama persis dengan ATM bank lainnya. Yang berbeda mungkin hanya peletakan menu pilihan yang ada pada layar. Nah, supaya proses transfer yang dilakukan berjalan lancar dan aman terlepas dari apapun bank tujuan dan asalnya, perhatikan beberapa tips berikut. Pertama, baca setiap instruksi dan menu yang tertera di layar dengan cermat mengingat ATM yang berbeda mungkin memiliki format informasi yang tak sama. Kedua, pastikan kode bank yang dimasukkan sudah benar. Ketiga, cek kembali informasi transfer yang ditampilkan di layar ATM untuk menghindari kesalahan nominal maupun rekening tujuan. Keempat, jangan keluar dari ruang ATM sebelum mendapatkan struk bukti transfer. Struk ini akan memudahkan Anda melakukan klaim ke bank terkait seandainya ada masalah sehubungan dengan transaksi tersebut. 

Sebagai tips penutup, sebisa mungkin pilih mesin ATM yang masih dalam lingkungan bank. Hal ini dimaksudkan agar jika mengalami kendala saat melakukan cara transfer uang lewat ATM BRI ke BRI atau cara transfer uang di ATM BRI, Anda bisa langsung meminta pertolongan pihak keamanan bank atau bahkan mengurusnya ke bagian agen CS bank yang bersangkutan. Meminta pihak lain untuk membantu cara transfer uang lewat ATM, misalnya sesama nasabah atau orang lain yang tidak berkepentingan bisa berakibat fatal sebab Anda tidak pernah tahu motif yang dimiliki. 

Tahun 2021 masih merupakan tahun yang berat karena pandemi masih belum berakhir. Namun, bukan berarti kondisi ini membuat kegiatan perbankan jadi macet. Selama Anda tahu cara melakukan transfer melalui ATM dengan benar dan mengikuti protokol kesehatan, prosesnya akan berjalan dengan aman dan lancar.